CIVIC EEDUCATION DI REPUBLIK CHEKO


    DISUSUN OLEH :

    SAMIRA ADRIANA
 4115106826
    S1 PKn non-reg 2010


    State University Of Jakarta



CIVIC  EDUCATION
DI
REPUBLIK CHEKO

Vaclav Havel yang lahir pada 5 Oktober 1936 di Praha, Cekoslowakia, adalah seorang pemimpin politik Cekoslowakia (sekarang Republik Ceko) paling berpengaruh. Dikenal sebagai pendiri Charta 77, organisasi antikomunisme di Cekoslowakia Pada Desember 1989 Pemilihan Vaclav Havel sebagai presiden adalah peristiwa memuncak pada Revolusi Cekoslowakia's Velvet, yang membimbing rakyatnya untuk bangkit melawan rezim Uni Soviet yang akhirnya menggulingkan kekuasaan Partai Komunis dan demokrasi dibangun kembali di Cekoslowakia untuk pertama kalinya sejak tahun 1948. Pada tanggal 1 Januari 1993, pembentukan Republik-republik Cheko dan Slowakia terpisah menandai dimulainya terpisah gerakan reformasi demokrasi di sana.
Sebelum menjadi pemimpin politik, Vaclav Havel sudah terkenal di kalangan rakyat sebagai penulis puisi, esai, dan seorang dramawan. Karya-karyanya banyak bicara tentang pengasingan sosial. Tentu saja ini juga menjelaskan perjalanannya ke dunia politik sebab lewat karya, ia menunjukkan sikap tegas mengecam sistem komunis yang totaliter
Setelah bertahun-tahun lebih dari empat puluh ideologi komunis Uni Soviet sebagai tema sentral dalam pendidikan guru dan pengembangan kurikulum, reformasi pendidikan Cheko telah berpaling ke berbagai sumber Barat untuk bantuan dalam reformasi pendidikan kewarganegaraan. Sebagai contoh, Pusat Civic Pendidikan di Calabasas, California telah bekerja erat dengan para reformis Cheko untuk menetapkan standar pendidikan nasional untuk mengajar dan belajar kewarganegaraan dan pemerintah. Pekerjaan ini adalah bagian dari civitas: An International Program Pertukaran Pendidikan Civic, sebuah proyek yang didanai oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat.
Proyek lain pengembangan kurikulum utama kolaboratif Civic Pendidikan untuk Republik Cheko (CECR), upaya bersama antara Lembaga Pengembangan Pendidikan (IED) dari fakultas pedagogis di Charles University di Praha, Republik Cheko dan University of Iowa College of Education ( UICOE). Kemitraan ini, didanai oleh Badan Informasi Amerika Serikat, dimulai pada musim gugur 1995.
Tinjauan proyek CECR berusaha untuk merevisi penelitian sosial yang ada kerangka kerja kurikuler untuk bentuk ketiga sekolah menengah (usia 17 dan 18) dengan mengambil tujuan khusus di tujuan menyeluruh untuk reformasi pendidikan kewarganegaraan dimulai pada tahun 1989. Tujuan-tujuan tersebut meliputi penghapusan perspektif Marxis-Leninis di isi ilmu sejarah, filsafat, dan sosial dari kurikulum, sedangkan reintroduksi studi agama ke dalam kurikulum, sebuah studi baru tentang sejarah Cheko, budaya, warisan, dan geografi, dan pergeseran pedagogis dari transmisi informasi kepada siswa pasif untuk mendorong penyelidikan dan pembelajaran aktif.
 Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan untuk digunakan oleh guru sampel pelajaran yang mewujudkan tujuan-tujuan Cheko. Mendampingi pelajaran adalah manual guru yang menghadirkan pemikiran dan saran untuk penggunaan lebih lanjut dari metode pengajaran yang digunakan dalam pelajaran-pelajaran baru.
Sebagai awalnya dirancang, CECR termasuk komponen inti yang dikenal sebagai Lokakarya Pengembangan Kurikulum. Dua komponen lainnya adalah program kemitraan terkait dengan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dan evaluasi dari produk akhir oleh para ahli Ceko dan Amerika dalam pendidikan kewarganegaraan dan desain kurikulum

LOKAKARYA PENGEMBANGAN KURIKULUM
Dari 4 Agustus - 25 Oktober 1996, Lokakarya Pengembangan Kurikulum bertemu mingguan di kampus University of Iowa. Empat guru Ceko dan Asisten Direktur IED mengambil bagian dalam lokakarya dua belas minggu. Lokakarya ini difokuskan pada tugas utama dari proyek tersebut, yakni mengembangkan satu set pelajaran berdasarkan strategi pembelajaran aktif yang demokratis memupuk keterampilan dan sikap. Isi pelajaran berpusat pada lima konsep kunci yang berasal dari kurikulum sosial yang ada dalam ketiga bentuk studi, yaitu:
1.      Negara dan kebijakan pemerintah
2.      Hukum konstitusional dan lokal
3.      Ekonomi pasar bebas
4.      Kewarganegaraan dan manusia hak
5.      Republik Ceko dalam komunitas global.
tertanam dalam jadwal workshop presentasi dengan delapan pengembangan kurikulum Amerika dan spesialis pendidikan kewarganegaraan. Keahlian dari spesialis ini berkisar antara konstitusionalisme mengajar dengan aspek umum dari desain kurikulum suara.

PROGRAM KEMITRAAN
Untuk memudahkan tugas pengembangan kurikulum, proyek bersama Amerika-direksi memilih lima fakultas UICOE dan lima sekunder sosial studi guru dari Iowa City School District laporan untuk bekerja sebagai mitra dengan peserta Ceko. Tujuan dari komponen proyek ada tiga, yaitu:
1.      kerjasama ini memberikan peserta Cheko kesempatan untuk mengunjungi sekolah-sekolah, rapat dewan sekolah, dan lokakarya intern guru yang menunjukkan aspek teoritis desain kurikulum dan pengembangan pelajaran dibahas dalam lokakarya.
2.      para peserta Cheko dihadiri kursus yang diajarkan oleh fakultas UICOE bahwa studi sosial dicontohkan guru pendidikan di Amerika Serikat.
3.      guru sekolah menengah dan fakultas universitas berkolaborasi dengan mitra Cheko mereka dalam menyempurnakan draft dari pelajaran ditulis pada lokakarya.

EVALUASI KURIKULUM
Pada akhir tinggal mereka di University of Iowa, para peserta Cheko telah menulis 61 pelajaran di 20 topik yang terkait dengan baik tujuan reformasi pendidikan kewarganegaraan dan lima konsep kunci dari bentuk-ketiga IPS kurikulum catat sebelumnya. Pelajaran ini memperkenalkan strategi pengajaran sampai sekarang jarang dipraktekkan di Republik Cheko, seperti bermain peran, simulasi, permainan edukatif, pohon keputusan, menulis sipil, dan pembelajaran kooperatif. Selain itu, beberapa pelajaran disorot area konten baru untuk Ceko program studi sosial, termasuk kesadaran AIDS, polusi industri, dan aktivisme sipil.
Komponen proyek akhir merupakan evaluasi materi dari kedua orang Amerika dan perspektif Cheko. Pada bulan November 1996, kelompok pendidikan kewarganegaraan Amerika dan para ahli pengembangan kurikulum dan beberapa spesialis konten Ceko dan cendekiawan pedagogis dianalisis dan dikritik pelajaran. Rekomendasi untuk perbaikan dimasukkan ke dalam konsep akhir dari pelajaran.

PILOT TEST, EVALUASI, DAN REVISI
Pada Januari 1997, para ahli Cheko dan Amerika yang terlibat dalam pengembangan kurikulum melakukan workshop guru di Republik Cheko. Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk mempersiapkan delapan guru Cheko dari gimnasium, kejuruan, dan sekolah magang di seluruh Republik Cheko untuk menguji pelajaran baru dalam sampel yang representatif dari sekolah menengah Cheko.
Bersamaan, Amerika dan Timur Tengah ahli Eropa dalam evaluasi kurikulum melakukan workshop dengan para peneliti Cheko pada metode pengumpulan data dan analisis yang diperlukan untuk evaluasi yang sistematis dari pelajaran baru. Komponen dari fase kedua berfokus pada evaluasi pengetahuan, keterampilan, dan hasil sikap umumnya terkait dengan kehidupan dalam demokrasi. Para peneliti mencari bukti empiris reformasi pendidikan melalui pelaksanaan dan evaluasi dari kurikulum draft oleh para guru dan siswa di sekolah-sekolah sampel Cheko.
Setelah menyelesaikan uji coba dan evaluasi, kurikulum direformasi akan menjalani revisi akhir untuk publikasi. IED akan menerbitkan edisi pertama dari pelajaran untuk distribusi ke Cheko guru studi sosial dalam bentuk ketiga.

ADVOKASI DAN PENYEBARLUASAN
Tahap kedua CECR akan menyimpulkan dengan Civic Lokakarya Nasional Pendidikan untuk Demokrasi di Olomouc, sebuah kota universitas di provinsi Cheko Moravia. Selama lokakarya, yang dijadwalkan untuk musim panas 1997, Amerika dan Cheko CECR peserta akan mengucurkan salinan produk akhir dan memberikan pengembangan profesional sebagai banyak guru sekolah menengah Cheko mungkin. Tujuannya adalah untuk mendukung kurikulum direformasi melalui workshop ini sehingga jumlah kelas terbesar ketiga bentuk dapat mulai menggunakan pelajaran pada awal musim gugur 1997.
Mengingat empat puluh tiga tahun komunisme totaliter adalah tidak masuk akal untuk mengharapkan reformasi pendidikan lengkap demokratis hasil dari satu proyek pengembangan kurikulum. CECR, bagaimanapun, merupakan jenis proyek yang menggabungkan keahlian pendidikan demokrasi dikembangkan dengan pemahaman kontekstual demokrasi transisi dalam upaya reformasi pendidikan kewarganegaraan melalui praktek kelas. Para guru Cheko mulai menerapkan kurikulum baru untuk pendidikan kewarganegaraan demokratis, produk yang dihasilkan oleh CECR menawarkan satu kesempatan untuk menghidupkan harapan untuk warga negara demokratis menjadi kenyataan.







Komentar

  1. Kak boleh minta referensinya?
    Kebetulan saya juga dari PPKN UNJ 2013 dapat materi yang sama.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer