CIVIC
EEDUCATION DI REPUBLIK CHEKO
DISUSUN OLEH :
SAMIRA ADRIANA
4115106826
S1 PKn non-reg 2010
CIVIC EDUCATION
DI
Vaclav
Havel yang lahir pada 5 Oktober 1936 di Praha, Cekoslowakia, adalah seorang
pemimpin politik Cekoslowakia (sekarang Republik Ceko) paling berpengaruh.
Dikenal sebagai pendiri Charta 77, organisasi antikomunisme di Cekoslowakia Pada Desember 1989 Pemilihan
Vaclav Havel sebagai presiden adalah peristiwa memuncak pada Revolusi
Cekoslowakia's Velvet, yang membimbing rakyatnya untuk bangkit melawan rezim
Uni Soviet yang akhirnya menggulingkan kekuasaan Partai Komunis dan demokrasi
dibangun kembali di Cekoslowakia untuk pertama kalinya sejak tahun 1948. Pada
tanggal 1 Januari 1993, pembentukan Republik-republik Cheko dan Slowakia
terpisah menandai dimulainya terpisah gerakan reformasi demokrasi di sana .
Sebelum
menjadi pemimpin politik, Vaclav Havel sudah terkenal di kalangan rakyat
sebagai penulis puisi, esai, dan seorang dramawan. Karya-karyanya banyak bicara
tentang pengasingan sosial. Tentu saja ini juga menjelaskan perjalanannya ke
dunia politik sebab lewat karya, ia menunjukkan sikap tegas mengecam sistem
komunis yang totaliter
Setelah
bertahun-tahun lebih dari empat puluh ideologi komunis Uni Soviet sebagai tema
sentral dalam pendidikan guru dan pengembangan kurikulum, reformasi pendidikan
Cheko telah berpaling ke berbagai sumber Barat untuk bantuan dalam reformasi
pendidikan kewarganegaraan. Sebagai contoh, Pusat Civic Pendidikan di
Calabasas, California
telah bekerja erat dengan para reformis Cheko untuk menetapkan standar
pendidikan nasional untuk mengajar dan belajar kewarganegaraan dan pemerintah.
Pekerjaan ini adalah bagian dari civitas: An International Program Pertukaran
Pendidikan Civic, sebuah proyek yang didanai oleh Departemen Pendidikan Amerika
Serikat.
Proyek
lain pengembangan kurikulum utama kolaboratif Civic Pendidikan untuk Republik
Cheko (CECR), upaya bersama antara Lembaga Pengembangan Pendidikan (IED) dari
fakultas pedagogis di Charles University di Praha, Republik Cheko dan
University of Iowa College of Education ( UICOE). Kemitraan ini, didanai oleh
Badan Informasi Amerika Serikat, dimulai pada musim gugur 1995.
Tinjauan
proyek CECR berusaha untuk merevisi penelitian sosial yang ada kerangka kerja
kurikuler untuk bentuk ketiga sekolah menengah (usia 17 dan 18) dengan
mengambil tujuan khusus di tujuan menyeluruh untuk reformasi pendidikan
kewarganegaraan dimulai pada tahun 1989. Tujuan-tujuan tersebut meliputi
penghapusan perspektif Marxis-Leninis di isi ilmu sejarah, filsafat, dan sosial
dari kurikulum, sedangkan reintroduksi studi agama ke dalam kurikulum, sebuah
studi baru tentang sejarah Cheko, budaya, warisan, dan geografi, dan pergeseran
pedagogis dari transmisi informasi kepada siswa pasif untuk mendorong
penyelidikan dan pembelajaran aktif.
Tujuan dari proyek ini adalah untuk
mengembangkan untuk digunakan oleh guru sampel pelajaran yang mewujudkan
tujuan-tujuan Cheko. Mendampingi pelajaran adalah manual guru yang menghadirkan
pemikiran dan saran untuk penggunaan lebih lanjut dari metode pengajaran yang
digunakan dalam pelajaran-pelajaran baru.
Sebagai
awalnya dirancang, CECR termasuk komponen inti yang dikenal sebagai Lokakarya
Pengembangan Kurikulum. Dua komponen lainnya adalah program kemitraan terkait
dengan Lokakarya Pengembangan Kurikulum dan evaluasi dari produk akhir oleh
para ahli Ceko dan Amerika dalam pendidikan kewarganegaraan dan desain
kurikulum
LOKAKARYA PENGEMBANGAN KURIKULUM
Dari
4 Agustus - 25 Oktober 1996, Lokakarya Pengembangan Kurikulum bertemu mingguan
di kampus University
of Iowa . Empat guru Ceko
dan Asisten Direktur IED mengambil bagian dalam lokakarya dua belas minggu.
Lokakarya ini difokuskan pada tugas utama dari proyek tersebut, yakni
mengembangkan satu set pelajaran berdasarkan strategi pembelajaran aktif yang
demokratis memupuk keterampilan dan sikap. Isi pelajaran berpusat pada lima konsep kunci yang
berasal dari kurikulum sosial yang ada dalam ketiga bentuk studi, yaitu:
1.
Negara dan kebijakan pemerintah
2.
Hukum konstitusional dan lokal
3.
Ekonomi pasar bebas
4.
Kewarganegaraan dan manusia hak
5.
Republik Ceko dalam komunitas global.
tertanam dalam
jadwal workshop presentasi dengan delapan pengembangan kurikulum Amerika dan
spesialis pendidikan kewarganegaraan. Keahlian dari spesialis ini berkisar
antara konstitusionalisme mengajar dengan aspek umum dari desain kurikulum
suara.
PROGRAM
KEMITRAAN
Untuk
memudahkan tugas pengembangan kurikulum, proyek bersama Amerika-direksi memilih
lima fakultas UICOE dan lima sekunder sosial studi guru dari Iowa City School
District laporan untuk bekerja sebagai mitra dengan peserta Ceko. Tujuan dari
komponen proyek ada tiga, yaitu:
1.
kerjasama ini memberikan peserta Cheko kesempatan
untuk mengunjungi sekolah-sekolah, rapat dewan sekolah, dan lokakarya intern
guru yang menunjukkan aspek teoritis desain kurikulum dan pengembangan
pelajaran dibahas dalam lokakarya.
2.
para peserta Cheko dihadiri kursus yang
diajarkan oleh fakultas UICOE bahwa studi sosial dicontohkan guru pendidikan di
Amerika Serikat.
3.
guru sekolah menengah dan fakultas universitas
berkolaborasi dengan mitra Cheko mereka dalam menyempurnakan draft dari
pelajaran ditulis pada lokakarya.
EVALUASI
KURIKULUM
Pada
akhir tinggal mereka di University of Iowa, para peserta Cheko telah menulis 61
pelajaran di 20 topik yang terkait dengan baik tujuan reformasi pendidikan
kewarganegaraan dan lima konsep kunci dari bentuk-ketiga IPS kurikulum catat
sebelumnya. Pelajaran ini memperkenalkan strategi pengajaran sampai sekarang
jarang dipraktekkan di Republik Cheko, seperti bermain peran, simulasi,
permainan edukatif, pohon keputusan, menulis sipil, dan pembelajaran
kooperatif. Selain itu, beberapa pelajaran disorot area konten baru untuk Ceko
program studi sosial, termasuk kesadaran AIDS, polusi industri, dan aktivisme
sipil.
Komponen
proyek akhir merupakan evaluasi materi dari kedua orang Amerika dan perspektif
Cheko. Pada bulan November 1996, kelompok pendidikan kewarganegaraan Amerika
dan para ahli pengembangan kurikulum dan beberapa spesialis konten Ceko dan
cendekiawan pedagogis dianalisis dan dikritik pelajaran. Rekomendasi untuk
perbaikan dimasukkan ke dalam konsep akhir dari pelajaran.
PILOT
TEST, EVALUASI, DAN REVISI
Pada
Januari 1997, para ahli Cheko dan Amerika yang terlibat dalam pengembangan
kurikulum melakukan workshop guru di Republik Cheko. Tujuan dari lokakarya ini
adalah untuk mempersiapkan delapan guru Cheko dari gimnasium, kejuruan, dan
sekolah magang di seluruh Republik Cheko untuk menguji pelajaran baru dalam
sampel yang representatif dari sekolah menengah Cheko.
Bersamaan,
Amerika dan Timur Tengah ahli Eropa dalam evaluasi kurikulum melakukan workshop
dengan para peneliti Cheko pada metode pengumpulan data dan analisis yang
diperlukan untuk evaluasi yang sistematis dari pelajaran baru. Komponen dari
fase kedua berfokus pada evaluasi pengetahuan, keterampilan, dan hasil sikap
umumnya terkait dengan kehidupan dalam demokrasi. Para
peneliti mencari bukti empiris reformasi pendidikan melalui pelaksanaan dan
evaluasi dari kurikulum draft oleh para guru dan siswa di sekolah-sekolah
sampel Cheko.
Setelah
menyelesaikan uji coba dan evaluasi, kurikulum direformasi akan menjalani
revisi akhir untuk publikasi. IED akan menerbitkan edisi pertama dari pelajaran
untuk distribusi ke Cheko guru studi sosial dalam bentuk ketiga.
ADVOKASI
DAN PENYEBARLUASAN
Tahap kedua CECR akan menyimpulkan dengan Civic Lokakarya
Nasional Pendidikan untuk Demokrasi di Olomouc, sebuah kota
universitas di provinsi Cheko Moravia .
Selama lokakarya, yang dijadwalkan untuk musim panas 1997, Amerika dan Cheko
CECR peserta akan mengucurkan salinan produk akhir dan memberikan pengembangan
profesional sebagai banyak guru sekolah menengah Cheko mungkin. Tujuannya
adalah untuk mendukung kurikulum direformasi melalui workshop ini sehingga
jumlah kelas terbesar ketiga bentuk dapat mulai menggunakan pelajaran pada awal
musim gugur 1997.
Mengingat empat puluh tiga tahun komunisme totaliter adalah
tidak masuk akal untuk mengharapkan reformasi pendidikan lengkap demokratis
hasil dari satu proyek pengembangan kurikulum. CECR, bagaimanapun, merupakan
jenis proyek yang menggabungkan keahlian pendidikan demokrasi dikembangkan
dengan pemahaman kontekstual demokrasi transisi dalam upaya reformasi
pendidikan kewarganegaraan melalui praktek kelas. Para
guru Cheko mulai menerapkan kurikulum baru untuk pendidikan kewarganegaraan
demokratis, produk yang dihasilkan oleh CECR menawarkan satu kesempatan untuk
menghidupkan harapan untuk warga negara demokratis menjadi kenyataan.
Kak boleh minta referensinya?
BalasHapusKebetulan saya juga dari PPKN UNJ 2013 dapat materi yang sama.